Terjemahkan Blog

01 April 2020

Dra. Endah

BEST PRACTICE


MENGAJAR BENTUK ALJABAR
DENGAN
MEMANFAATKAN BENDA DI SEKITAR DAPAT MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA

Disusun oleh
Dra.ENDAH SRI HAYATI
NIP. 19680117 200604 2 008


KATA PENGANTAR
Dengan  mengucap syukur alhamdulillah kehadirat Allah swt atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya,  karena saya masih diberikan kesempatan untuk menuliskan best practice dengan judul “Mengajar bentuk aljabar dengan memanfaatkan benda di sekitar dapat membangkitkan belajar siswa”.   Best Practice ini saya buat berdasar pengalaman saya mengajar di SMP N 1 Karangrejo dengan menggunakan cara-cara sederhana akan tetapi ternyata siswa lebih mudah memahami konsep dan lebih awet dalam ingatannya.
Pembahasan materi saya dahului dengan pengetahuan konkret yang dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari.  Permasalahan konkret tersebut dipergunakan sebagai jembatan untuk menuju ke dunia matematika abstrak melalui pemanfaatan simbol-simbol matekatika yang sesuai melalui permodelan.   Sesampainya pada ranah abstrak, metode-metode matematika diperkenalkan untuk menyelesaikan model permasalahan yang diperoleh dan mengembalikan hasilnya pada ranah konkret sesuai kompetensi yang diharapkan dan sesuai dengan  pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. 
        Demikian yang dapat saya tuliskan dan sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya dan mohon maaf jika terdapat hal hal yang kurang di dalam tulisan ini. Saya menerima masukan dari pembaca demi peningkatan kwalitas pembelajaran di sekolah saya. .
    Karangrejo, 27 Maret 2020                  
   ABSTRAKSI
Hamalik dalam Arsyad (2006:15) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran mampu membangkitkan keinginan, minat, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa.  Hal ini bisa digunakan sebagai patokan bahwa anak dalam belajar masih membutuhkan media/ benda konkret yang kemudian melangkah ke gambar atau simbul-simbul matematika.  Pendekatan pembelajaran matematika menggunakan benda konkret akan lebih memudahkan peserta didik menyerap konsep.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

== SELAMAT DATANG di Web Blog SMPN 1 KARANGREJO MAGETAN ** INFO: ## WA Center: 085 755 000 193 ## e-mail: tugasexpentura20@gmail.com ** SEMOGA SEHAT SELALU ## TETAP DIRUMAH SAJA ==